Vespa Mati Seperti Kehabisan Bensin
Vespa Mati Seperti Kehabisan Bensin - Vespa merupakan kendaraan roda 2 model Scooter yang menggunakan mesin jenis 2 Langkah. yang masih menggunakan pelumasan tambahan Oli samping atau dicampur langsung ke tank bahan bakar.
bersamaan usia vespa potensi masalah yang akan terjadi perlu kenali lebih dini agar mudah mengenali gejala masalah dan memperbaikinya. sebelum mengenal potensi masalah, sebaiknya kenali Proses pembakaran, jenis campuran dan sirkuit pengapian kendaraan kita.
Langkah pertama kenali Proses pembakaran pada Vespa, Prinsip pembakaran internal/ dalam silinder (internal Combustion process) akan terjadi jika terdapat 3 komponen, Ada udara, bahan bakar dan api, jika salah satu komponen tersebut tidak terpenuhi makan tidak akan terjadi pembakaran,
Kenali Jenis Campuran Bahan Bakar.
Campuran bahan bakar ideal berdasarkan jenis bahan bakar bensin (C8H18), perbadingan udara dan bahan bakar/Air Fuel Ratio(AFR) 14.7 (udara) : 1(bahan bakar),ada yang 15:1 ada juga yang yang 12.5:1
Contoh reaksi pembakan secara kimia, untuk 12.5 gram udara dan 1 gram bahan bakar.
Maka dengan hasil pembakarankan akan menghasilkan jumlah Gas carbon 8 gram dan 9 gram uap air.
jika nilai jumlah udara lebih banyak 12.5 gram maka akan menjadikan jumlah bahan bakar menjadi lebih sedikit maka ini disebut jenis campuran miskin (lean mixture) dan jika jumlah udara lebih sedikt dari 12.5 gram artinya bahan bakar lebih banyak dari udara atau disebut campuran kaya (Rich Mixture).
Pengapian Vespa juga berdampak pada laju motor bahkan bisa-bisa motor gak bisa hidup lho, susah starter motor, kendala pengapian biasanya berada pada stelan platina yang gak bener, bisa juga salah satu perangkat pengapian seperti busi, koil, platina, kondensor, spul pengapian ada yang sudah gak layak pakai atau mati.
Lihat kondisi busi, bila ujung berwarna hitam busi akan lemah dalam memercikkan api atau bisa juga gak ada percikan api. Solusinya stel ulang ukuran spuyer pilot jet & main jet, kalau warna ujung busi merah bata maka periksa ke bagian yang pengapian yang lain.
Periksa Koil. Koil yang layak pakai kalau kita konsletkan kabel busi dengan jarak ke mesin kira-kira 5-8 mm masih ada letupan api berwarna biru, kalau percikan atau letupan api tidak berwarana biru, tapi berwarna merah, ini berarti stelan platina tidak benar atau koilnya yang memang sudah lemah, letupan api dari koil dipengaruhi langsung oleh stelan platina.
Periksa Platina. Penyetelan platina yang benar, jarak renggangan antara konektor minus dan plus kira-kira 0,5mm menggunakan obeng min, perlu di ingat bahwa penyetelannya jangan di ketok karena ini akan mepersingkat umur pakai platina karena antara konektor tidak lurus atau bengkok. Loncatan yang terjadi pada platina juga berkaitan dengan kondisi kondensator.
Periksa Kondensator. Pemeriksaan kondensator amatlah mudah apabila terjadi letupan api di platina, ini dikarenakan kondensator sudah tidak layak pakai, ganti kondensor atau ada cara lain yaitu cangkok kondensor dengan kondensor lain atau sistem kondensator di double dengan ukuran kondensor yang sama yaitu 2 farad.
Yang terakhir cek spul pengapian [ gambar di atas kondensor ], masih layak pakai atau harus ganti yang baru, tanda spul pengapian rusak, biasanya kumparan spul lecet, gulungan spul kendur, spul putus. Apabila semuanya stabil maka wajib memeriksa nap pur atau ketepatan pengapian tapi sebelumnya lihat dulu kondisi spi magnet patah atau tidak, lihat juga kondisi rotor, masih bagus atau tidak, ukuran nap pur mestinya 21 derajat sebelum titik mati poros atau kondisi pala seher di atas.
Contoh pengapian Vespa Super 150 1979 yang saya miliki, Sistem pengapian terdiri dari, pembakit listrik Spool run, Pemutus kontak listrik/ platina , Capasitor, Coil. kepala busi/ soket Busi, dan busi (Spark plug)
cara kerja sitem kelistrikan sebagai berikut;
Listrik 6 volt dibangkitkan oleh induksi magnetik pada blower, semakin tinggi putaran semakin tinggi gaya gerak listrik yang di bangkitkan, ujung kabel dari spool di hubungkan ke Platina (fungsinya untuk memutuskan alus listrik dan memberikan efek gelombang pulsa listrik) dan capastior untuk menyimpan sementara dan menaikan jumlah ampere. ujung kabel capasitor di hubungkan ke Coil untuk menaikan jumlah Voltase dari 6 volt hingga 10. 000 Volt - 14.000 Volt dengan ampere yang sangat rendah.
ujung kabel Ouput Coil dihubungkan ke Soket busi/ Cop fungsinya hanya sebagai penghantar ke Busi, dan dengan voltase yang besar Busi dapat memercikan api dalam silinder.
Check oli mesin apah masih penuh, jika kurang akan menyebabkan putaran mesin menjadi berat karena gesekan antara komponen Gear menjadi lebih besar/ tidak ada pelumasan
Periksa sitem pengapian, dengan cara menulusur sumber listrik, dimulai dari busi, apakah memercikan api/ listrik cukup besar, dekatkan ujung bussi kira kira 5 mm dekat body mc, sambil di start, jika kurang atau tidak terjadi percikan, ganti Busi,
Jika tidak terjadi percikan setelah ganti busi, lepaskan busi dari soket busi,
Jika tidak terjadi percikan, lepaskan soket busi dari kabel output Coil, jika ada percikan artinya Soket yang rusak.
Jika tidak terjadi percikan, lepaskan kabel input coil dan gesekan ke body MC apakah timbul percikan, jika timbul percikan artinya Coil sudah lemah. perlu diganti.
Jika tidak terjadi percikan di ujung kabel Kapasitor perlu di periksa kapasitor , bila perlu ganti kapasitor.
bersamaan usia vespa potensi masalah yang akan terjadi perlu kenali lebih dini agar mudah mengenali gejala masalah dan memperbaikinya. sebelum mengenal potensi masalah, sebaiknya kenali Proses pembakaran, jenis campuran dan sirkuit pengapian kendaraan kita.
Vespa Mati Seperti Kehabisan Bensin |
Kenali Jenis Campuran Bahan Bakar.
Campuran bahan bakar ideal berdasarkan jenis bahan bakar bensin (C8H18), perbadingan udara dan bahan bakar/Air Fuel Ratio(AFR) 14.7 (udara) : 1(bahan bakar),ada yang 15:1 ada juga yang yang 12.5:1
Contoh reaksi pembakan secara kimia, untuk 12.5 gram udara dan 1 gram bahan bakar.
Maka dengan hasil pembakarankan akan menghasilkan jumlah Gas carbon 8 gram dan 9 gram uap air.
jika nilai jumlah udara lebih banyak 12.5 gram maka akan menjadikan jumlah bahan bakar menjadi lebih sedikit maka ini disebut jenis campuran miskin (lean mixture) dan jika jumlah udara lebih sedikt dari 12.5 gram artinya bahan bakar lebih banyak dari udara atau disebut campuran kaya (Rich Mixture).
Pengapian Vespa juga berdampak pada laju motor bahkan bisa-bisa motor gak bisa hidup lho, susah starter motor, kendala pengapian biasanya berada pada stelan platina yang gak bener, bisa juga salah satu perangkat pengapian seperti busi, koil, platina, kondensor, spul pengapian ada yang sudah gak layak pakai atau mati.
Lihat kondisi busi, bila ujung berwarna hitam busi akan lemah dalam memercikkan api atau bisa juga gak ada percikan api. Solusinya stel ulang ukuran spuyer pilot jet & main jet, kalau warna ujung busi merah bata maka periksa ke bagian yang pengapian yang lain.
Periksa Koil. Koil yang layak pakai kalau kita konsletkan kabel busi dengan jarak ke mesin kira-kira 5-8 mm masih ada letupan api berwarna biru, kalau percikan atau letupan api tidak berwarana biru, tapi berwarna merah, ini berarti stelan platina tidak benar atau koilnya yang memang sudah lemah, letupan api dari koil dipengaruhi langsung oleh stelan platina.
Periksa Platina. Penyetelan platina yang benar, jarak renggangan antara konektor minus dan plus kira-kira 0,5mm menggunakan obeng min, perlu di ingat bahwa penyetelannya jangan di ketok karena ini akan mepersingkat umur pakai platina karena antara konektor tidak lurus atau bengkok. Loncatan yang terjadi pada platina juga berkaitan dengan kondisi kondensator.
Periksa Kondensator. Pemeriksaan kondensator amatlah mudah apabila terjadi letupan api di platina, ini dikarenakan kondensator sudah tidak layak pakai, ganti kondensor atau ada cara lain yaitu cangkok kondensor dengan kondensor lain atau sistem kondensator di double dengan ukuran kondensor yang sama yaitu 2 farad.
Yang terakhir cek spul pengapian [ gambar di atas kondensor ], masih layak pakai atau harus ganti yang baru, tanda spul pengapian rusak, biasanya kumparan spul lecet, gulungan spul kendur, spul putus. Apabila semuanya stabil maka wajib memeriksa nap pur atau ketepatan pengapian tapi sebelumnya lihat dulu kondisi spi magnet patah atau tidak, lihat juga kondisi rotor, masih bagus atau tidak, ukuran nap pur mestinya 21 derajat sebelum titik mati poros atau kondisi pala seher di atas.
Pengaruh campuran miskin
Dapat terjadi pembakaran tetapi menghasilkan gas pembakaran yang sedikit, sehingga daya dorong piston kurang,(motor kurang bertenaga), mesin cepat panas karena Oil campuran pun terbakar habis mengakibatkan pelumasan berkurang.sehingga gesekan piston lebih banyak dan akhirnya cepat aus. efek pada busi keramik terlihat warna coklat,Pengaruh campuran kaya
Akan sulit terjadi pembakaran, dapat terjadi pembakaran dengan awal starter lebih banyak, kondisi pembakaran tidak sempurna, akan menimbulkan banyak asap hitam dan keramik busi menjadi hitam karena deposite karbon. bahan bakar akan menjadi boros, dan terdapat ledakan pada knalpot/Exhaust.Contoh pengapian Vespa Super 150 1979 yang saya miliki, Sistem pengapian terdiri dari, pembakit listrik Spool run, Pemutus kontak listrik/ platina , Capasitor, Coil. kepala busi/ soket Busi, dan busi (Spark plug)
cara kerja sitem kelistrikan sebagai berikut;
Listrik 6 volt dibangkitkan oleh induksi magnetik pada blower, semakin tinggi putaran semakin tinggi gaya gerak listrik yang di bangkitkan, ujung kabel dari spool di hubungkan ke Platina (fungsinya untuk memutuskan alus listrik dan memberikan efek gelombang pulsa listrik) dan capastior untuk menyimpan sementara dan menaikan jumlah ampere. ujung kabel capasitor di hubungkan ke Coil untuk menaikan jumlah Voltase dari 6 volt hingga 10. 000 Volt - 14.000 Volt dengan ampere yang sangat rendah.
ujung kabel Ouput Coil dihubungkan ke Soket busi/ Cop fungsinya hanya sebagai penghantar ke Busi, dan dengan voltase yang besar Busi dapat memercikan api dalam silinder.
Kenali potensi Masalah
Mesin cepat panas, hanya bisa pelan, tetapi saat digas mesin seperti macet, kadang ada ledakan pada kenalpot/ exhaus. terdapat 2 potensi masalah bisa dari Oli kurang dan pengapian terganggu.Check oli mesin apah masih penuh, jika kurang akan menyebabkan putaran mesin menjadi berat karena gesekan antara komponen Gear menjadi lebih besar/ tidak ada pelumasan
Periksa sitem pengapian, dengan cara menulusur sumber listrik, dimulai dari busi, apakah memercikan api/ listrik cukup besar, dekatkan ujung bussi kira kira 5 mm dekat body mc, sambil di start, jika kurang atau tidak terjadi percikan, ganti Busi,
Jika tidak terjadi percikan setelah ganti busi, lepaskan busi dari soket busi,
Jika tidak terjadi percikan, lepaskan soket busi dari kabel output Coil, jika ada percikan artinya Soket yang rusak.
Jika tidak terjadi percikan, lepaskan kabel input coil dan gesekan ke body MC apakah timbul percikan, jika timbul percikan artinya Coil sudah lemah. perlu diganti.
Jika tidak terjadi percikan di ujung kabel Kapasitor perlu di periksa kapasitor , bila perlu ganti kapasitor.
Pagi sahabat Vespa.
BalasHapusSaya punya Vespa Excel,bila di bawa kecepatan tinggi terlalu lama akan mati sendiri,terus di diamkan dan di starter nyala LG.tapi bila kecepatan rendah anteng gak ada kendala.tolong dong informasi nya om.
Kayaknya itu stelan terlalu irit gan jadi overheat..
HapusCoba spuyer angin harus di puter 2,5 putaran ke arah lawan jam
Terus arus di apaain mass kalo lagi jalan tiba tiba mati tr di sela nyala lagi ?
HapusGan tolonh dibantu, vespa ane sering telat bensin gara gara ganti kran bensin. Kalau kran REST bensin ngalirnya sedikit dan tidak deras. Tolong dibantu gan
BalasHapusKang ai penyebab tekor bensin naona nya kang sedangkan spuyer tos di leresken pengapian bagus kang
BalasHapusPengapian kurang bagus
HapusKlo pas berhenti di gas lancar tapi klo buat jln sebentar seperti khabis
BalasHapusan bensin.kira2 apanya ya bos ?
Biasanya masalah di spuyer Pilot Jet kekecilan.
HapusAtau selang bensin, keran, lubang tanki bensin mendet. Solusinya di semprot pakai kompressor, kalo ditiup masih mendet
Campuran oli 2T di tangki bensin kurang
Hapussore suhu saya mau nanya vespa saya yg excel kalo direm mendadak suka mati sendiri trs kalo misalnya dikemacetan atau lampu merah posisi gigi dinetralin trs didiemin dia akan mati sendiri itu masalahnya dmana ya? terima kasih..
BalasHapusMungkin dari baut stationernya tuh
HapusKang vespa excel saya sering mati kalo dibawa ngebut kaya yg abis bensin terus kalo di nyalain lagi pasti nyala udh dikasih oli samping lebih tapi tetep aja gitu
BalasHapusCek busi basah tidak ?
HapusKayaknya olsam kebanyakan tuh...
Coba tambahin bensin.
Pakai karbu apa ?
Iya om businya basah , pake karbu danmotor . Tapi knalpotnya bocor om apa akibat dari knalpot terus sehernya baru saya ganti ke ukuran 0m ?
HapusKnalpot bocor keluar bensin hitam ?
HapusItu sepertinya bensin masuk ke mesin tapi mesin dalam keadaan mati, alhasil busi basah dan susah nyala.
Kran bensin bisa di close ?
Jarum pelampung karbu ganti coba udah jelek juga tuh
.
Kalau suka bongkar bongkar head seher, mending lepas dulu head nya trus liat head sama seher kotor apa tidak ?
Kalau kotor bersihin aja pakai hamplas paling halus sama autosol sampai bersih trus pasang lagi
Info lebih lanjut harap Subscribe ke channel saya https://goo.gl/DxHkkx. Lalu chat ke WA 089650567798
HapusScreenshot hasil subscribe nya.
Yang tidak subscribe tidak akan saya respon.
Agar lebih akrab
Vespa saya susah hidup dan pas hidup jalan sebentar terus mati.
BalasHapusKira kira kenapa ya lur?
Selang atau kran mampet, paking karbu rusak/ kurang rapat, spuyer pilot kekecilan / kebesaran
BalasHapus.
Info lebih lanjut harap Subscribe ke channel saya https://goo.gl/DxHkkx. Lalu chat ke WA 089650567798
Screenshot hasil subscribe nya.
Yang tidak subscribe tidak akan saya respon
Nama youtubenya apa mase.
HapusVespa ane px150, klo digas kayak ada suara baut lepas (klinting..klinting..klinting)itu kenapa ya gan?(soalnya karena waktu itu kipasnya lepas,bautnya kurang kenceng soalnya, trs kipasnya ane pasang lagi tuh, eh malah keluar tuh bunyi)
BalasHapusItu terkena tutup kipas itu makanya sampe bunyi begitu
HapusBang info tolong,Vespa ane kalo di jalanin lancar tapi tbtb kayak mau mati,dan kalo di standarin,saya gas lancar tapi pas digas lagi tbtb mati,tolong info gan .
BalasHapuslahh sama punyaku ya gini, vespa super. kalo dichoke gas gede bisa. tapi kalo uda dilepas chokenya masih nyala sih tapi pas masuk gigi 1 eh mati kayak kehabisan bensin. knapa yaaa ?
HapusPersis vespa superku hidup kalau keadaan di choke(on) kalau di lepas choke(off) mesin mati seperti kehabisan BBM
HapusKasih solusi om.. Vespa ku exklusif.. Buatjalan langsam mau mati sendiri. Kayak habis bengsin.. Tp berenti di engkol lg bisa idup.. Apa kira2 kendalanya? Dari pengapian apa bengsin..
BalasHapusSilahkan subscribe https://m.youtube.com/channel/UCgD5Tyf0Y7yF54u34JrxsXA dan jangan lupa untuk menyalakan loncengnya.
HapusSetelah sudah subscribe silahkan screenshot hasil subscribe dan kirim ke Whatsapp 0896-5056-7798.
Selebihnya nanti akan saya bantu seputar vespa dan setting karburator.
Terimakasih
Bang gimana yah vesva sayah kalo di bawa jalan suka mati,terus di sela lagi idup,di bawa jalan lagi mati,kenapa yah bang ap gejalanya Vesva Ps 150
BalasHapusmohon bantuan nya bang
https://m.youtube.com/channel/UCgD5Tyf0Y7yF54u34JrxsXA
HapusSolusinya dong om,vespa saya kok ga bisa hidup,saat mau di hidupin terus di gas seperti mau mati matian om,mohon solusinya om
BalasHapusAssalamu'alaikum. Permisi mau nanya. Kalo vespa mati tiba-tiba tapi setelah itu langsung bunyi lagi. Dan businya hitam ada olinya. Mohon solusinya!
BalasHapusAssalamualaikum pak
BalasHapusMohon bantuannya, Vespa saya px kendalanya mesin hidup normal, tapi ketika kopling ditarik dan di masukin gigi mesin mati sendiri mohon sarannya pak...
Kebetulan saya mahasiswa karna dikampung tidak ada bengkel vespa
Gan klo pas langsam gede tapi digas mati itu apanya yah?
BalasHapusInfo dong om, Vespa ane kalo buat boncengan jarak 1km mati bensin ga turun, ane miringin terus di engkol nyala lagi, tapi keulang lagi kejadian itu, info kenapa ya om?
BalasHapusInfo om Vespa saya kalo di nyalain ke adaan berhenti enak pas masuk gigi mati kira kira apanya ya om terimakasih
BalasHapus