Cara Merawat Si Mesin kanan Vespa

Cara Merawat Si Mesin kanan - Hay lur... Kali ini saya akan memberikan tips cara merawat si mesin kanan :

Rangka Mesin Si Mesin Kanan

Gunakan bahan bakar beroktan tinggi

Pastikan bahan bakar bensin yang masuk dalam kategori oktan tinggi lebih bagus digunakan sebagai bahan bakar motor vespa tua bila dibandingkan dengan bahan bakar beroktan rendah bila memakai bahan bakar beroktan rendah akan menimbulkan kerak atau jelaga dalam proses pembakarannya di ruang bakar yang akan nantinya ke ganggu kinerja mesin vespa.

Gunakan oli samping yang berkualitas tinggi

Selain menggunakan bahan bakar yang berkualitas bagus, penggunaan oli samping dengan kualitas yang bagus juga sangat dianjurkan, sebab oli samping yang berkualitas biasa juga bisa menimbulkan kerak didalam ruang bakar yang akan berakibat buruk bagi kinerja mesin vespa. Untuk mencari tahu merk oli samping mana yang terbaik kalian bisa menanyakan teman yang sama sama menggunakan motor vespa di komunitas anda, sebab dipasaran banyak sekali dijual oli oli dengan kualitas bervariasi yang setiap penggunanya memiliki pengalaman yang berbeda.

Perawatan Karburator

Komponen karburator pada sebuah motor vespa yang sudah berusia uzur memang memiliki peranan yang sangat penting sebab dari karburator inilah bahan bakar serta udara dicampurkan yang selanjutnya dimasukkan kedalam ruang bakar untuk dibakar. Dan komponen ini juga termasuk yang suka sekali bermasalah dan membuat motor vespa kesayangan kalian menjadi sering mogok. Untuk merawat karburator tidaklah rumit, cukup lepas dan bersihkan karburator dari kerak atau kotoran yang menyumbat lubang lubang aliran bensin dengan alat penyemprot udara, karbu cleaner atau bisa juga dengan menggunakan bensin.

Melakukan perawatan Pada Busi

Melakukan perawatan pada busi pun sangat dianjurkan bagi kalian pemilik motor vespa tua karena komponen inilah yang nantinya berfungsi sebagai pemetik bunga api sehingga proses pembakaran terjadi. Jika kalian tidak pernah merawat busi dengan baik, maka menggonta ganti komponen busi ini akan jadi makanan sehari hari kalian.

Merawat Kabel Persneling

Untuk kendaraan bermotor jenis vespa posisi persenelingnya berada pada bagian setir kemudi bagian kiri dimana pada posisi ini pula terdapat tuas kopling. Jadi disini ada setidaknya dua buah kabel baja yakni kabel untuk kopling dan juga untuk pemindah gigi. Untuk perawatan kabel kabel ini cukup kalian lakukan penyetelan yang benar serta perhatikan kondisi kabel kabel tersebut, bila sudah mau putus sebaiknya dilakukan penggantian.

Membersihkan Keran Bensin

Untuk melakukan pembersihan keran bensin ini anda perlu mengetahui tipe motor kalian ketika hendak membuka tangki bahan bakar. Sebab ada tipe motor vespa yang memiliki 2 buah tangki yaitu sebuah tangki bensin serta tangki oli guna sistem pencampur oli otomatis. Lepaslah keran bensin dan juga bagian bagiannya menggunakan kunci kunci yang pas, kemudian cucilah sampai bersih tangki tersebut menggunakan bensin agar kotoran yang ada terangkat semua, sementara itu untuk saluran keran bensin bisa kalian rendam dengan menggunakan bensin dan bisa kalian bersihkan.

Nah dengan rutin merawat dan memperhatikan mesin vespa kalian, maka kejadian motor mogok dijalan pun bisa dihindari sehingga membuat anda merasa aman dan nyaman ketika mengendarai motor vespa kalian tanpa takut mogok lagi. Bila kalian tidak mau repot repot merawatnya sendiri maka serahkanlah kepada bengkel ahli untuk melakukan perawatan rutin motor vespa kesayangan anda Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan untuk membantu blog ini berkembang.
Salam  Mesin Kanan :).
Sprint

Tidak ada komentar

Touring Ke Dumai

Touring Ke Dumai - Pengertian travel adalah sebuah perjalanan dari satu tempat ke tempat lain dengan di dalamnya mengandung unsur strategi,...

Diberdayakan oleh Blogger.