Cara Mengatasi Mesin Vespa Cepet Panas

Cara Mengatasi Mesin Vespa Cepet Panas - Nah, pada intinya vespa itu mesinnya square engine atau panjang stang dengan diameter piston ukurannya gak terlalu jauh. Bisa dibilang vespa ini punya karakter bawah yang biasa saja dan karakter nafas atas yang oke punya, misalnya ketika tanjakan vespa memang gak kenceng, tapi segimanapun itu jalan nanjak vespa bakal bisa nempuh sampe tujuan tanpa ngos ngosan ( asumsi mesin standar dan sehat ).
Cara Mengatasi Mesin Vespa Cepet Panas
Cara Mengatasi Mesin Vespa Cepet Panas

Panas di mesin vespa/ mesin 2 tak pada umumnya terbagi 2

Panas yang disebabkan oleh kurangnya bahan bakar termasuk oli samping yang kurang.
Setelan spuyer, angin, dan kebocoran kompresi primer merupakan penyebab dari panas karena hal ini.
Ciri panas yang disebabkan hal ini adalah tenaga yang drop ketika melewati ambang batas ketahanan mesin  dan semakin turun tenaganya ketika tetap dipaksakan. Ini disebabkan karena karter terlalu panas sehingga suplai bensin yang sebelumnya kurang ( atau pas, panas karena kurang oli samping ) keburu "menguap" ketika uap bensin masih di karter sebelum memasuki transfer.
Ciri lainnya adalah langsam meninggi dan suara dari knalpot semakin halus.
Ciri lainnya lagi adalah panas yang tidak merata, dimana bagian booring akan jauh lebih panas dan bagian karter cukp panas sedangkan bagian karbu tidak terlalu panas.

Panas yang disebabkan karena ketidak tepatan pada pengapian.
Prinsipnya pengapian yang terjadi terlalu nah/terlalu cepat.
Ini bisa disebabkan karena setelan caring terlalu nah, platina terlalu rapat, busi terlalu rapat, atau dudukan magnet yang ga pas pada as krukas karena spie rusak atau rumah spie di as krukas atau di magnet longgar. Penyebab sekunder lainnya adalah koil lemah, kondensor lemah, magnet lemah, atau spul yang lemah. Keempat hal ini akan membuat setelan platina dan atau busi menjadi lebih rapat untuk mendapatkan besaran api yang cukup.
Busi yang rapat akan mempercepat waktu pengapian, dan platina yang rapat akan lebih mempercepat waktu pengapian juga. Setting pengapian dibuat melentik sebelum TMA bukan berarti busi akan melentik sebelum TMA, tapi hanya dikarenakan kecepatan hantaran listrik ketika kondensor discharge dan busi melentik akan membutuhkan waktu sepersekian detik. Tetap saja busi akan melentik sesudah TMA, jika busi melentik mendekati TMA, ledakan akan semakin kuat dan mesin lebih panas.
Ciri dari panas karena hal ini adalah tenaga yang relatif lebih stabil, tetapi ketika gas diturunkan mesin cenderung mati / ga mau langsam.
Ciri lainnya adalah panas yang merata, terutama di bagian karter dan karbu yang terasa sangat panas.

Setingan Karburator
Simpel bradah, keliatannya sepele. "But, as my experience this is an important thing that can make your vespa stopped at twice or more". Busihitamquotes Jadi setingan karburator pada vespa itu ngaruh banget, gak bisa asal dan gak bisa cuma perasaan ataupun feeling dan apalah itu orang-orang bengkel bilang "yaa setel angin karburator vespa sih pake feeling aja" MATAMU SOMPLAK ! apa kau bilang kalau mati ditengah perjalanan pas lagi nyusul kendaraan besar?

Makan deh itu piston kalo macet di jalan peace. Mau sejago-jagonya montir yang berpengalaman dengan FEELING nya itu, seberapa persen sih feeling itu bener? apakah feeling gak bisa meleset ? mekanisme kerja feeling dengan kerja mesin yang sudah ada standar prosudernya itu gimana?
"AH BACOT NIH ADMIN !", iya iyaaaa maaf. ayok lanjut lagi.

Lantas bagaimana ini setingan karbu nya ? yaps kalian harus borosin stelan karbunya, misalnya vespa kamu macet pada kisaran kecepatan 60km/h konstan. Kamu bisa ganti spuyer atau kita sering sebut mainjet. Ganti dari yang standarnya naikin 1 step, biasanya untuk vespa super itu standar-nya ada yang 88, 90, 102.

Kalian naikin 1 step ke nomer yang lebih besar, misal dari 88 maka kalian naikin aja jadi 90. Cobain deh tancap lagi gasnya, pasti ada perubahan.


Korter Blok yang jelek
Ini yang sempet admin alami beberapa waktu kebelakang, dan udah admin bahas piston vespa ngejim terus. Jadi biasanya ketika piston motor kalian naik size-nya, silinder blok vespa kamu itu korteran-nya bisa aja kurang pas, spelling atau celah-nya kurang besar jadi piston baru dengan silinder blok yang udah di korter itu terlalu rapat, maka dari itu vespa kamu tenaga terasa berat.

Ring piston pecah / jelek
Ring piston itu jarang kena sih, tapi bisa aja terjadi sometimes. Hati-hati ketika pemasangan ring piston itu harus benar-benar bersih, jangan sampe ada kerikil atau kotoran di selah-selah ring piston. Nanti pas piston bergerak itu ring bakal nge-press ke blok silinder vespa kamu, kalo ada benda-benda kecil yang menggangu bisa terjadi gesekan berlebih sehingga membuat panas motor kalian bradah, and died!

Head silinder terlalu dekat dengan Blok silinder
Khusus buat kalian yang udah coba-coba di rubah kontruksi mesin bagian atasnya seperti papas head silinder vespa untuk memaksimalkan tarikan awal, itu harus di perhitungkan juga, terutama derajat squish dan berapa milik kalian memapas itu headline nya.

Kalo terlalu dekat, kasian blok-nya. Letupan api dari busi terlalu cepat, jadi bikin mesin cepet panas. Ya kalo udah mesin overheat, di bawa maju? Loyo dong dan lama-lama bakalan macet tuh piston vespa kamu.

Knalpot yang mendem.
Tragedi ini jarang terjadi, tapi pernah sih beberapa temen ngalamin ini. Knalpotnya dia tuh dah banyak banget kotorannya, jadi itu motor Vespa Sprint Veloce larinya kalah sama vespa super milik admin. Dari situ makanya aneh, langsung deh ke tukang las karbit dan knalpot vespa-nya dibedel.

32 komentar:

  1. Mau nanya om. Klo vespa di rpm tinggi. Kaya mau mati dan klo di paksakan mesin pasti mati. Itu masalahnyabapa om. Apa yg harus di perbaiki?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ganti businya bro ..stel platina

      Hapus
    2. Ane sama kek gitu, tp ane pakek CDI gmn tu? Campuran bahan bakar baik soalny warna busi merah bata, kita2 apa tu?

      Hapus
    3. Coba cek kompresi vespa anda broo.. Dulu vespa saya juga gitu.. Ternyata ada kebocoran kompresi didrat ulir dalam blok mesin

      Hapus
  2. Kalo stang seher kocak ada pengaruhnya gak om ?

    BalasHapus
  3. Kalo vespa habis jalan trus berhenti bentar mesin di hidupin susah hidup,itu knpa min.. ?? Biasax busi aku buka dlu baru bisa hidup. Pdhdal busi masih baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba setelan karbunya.. Biasanya setelah di gas agak kenceng bensin banyak masuk ke ruang pembakaran.. Trus di lepas gasnya.. Langsung ngumpul semua bensinnya di ruang pembakaran yg membuat busi melepek dan basah.. Jadi.. Harus di buka dulu dan biar agak kering baru bisa di nyalakan

      Hapus
    2. Nah vespa ku gini nih , jd solusi benerin nya gimana

      Hapus
  4. Maaf min. Mau nanya kalo tenaga nya kurang kenalpot ngadem itu kira kira kenapa ya min. Sementara oli samping selalu dilebihkan dari ukiran normal. Hatur nuhun

    BalasHapus
  5. Numpang nnya om .Pespa kmi lw d tarek kopling diam. Lw d lpas kopling bering. Kira kira ap pnyebabny

    BalasHapus
  6. Numpang nnya om .Pespa kmi lw d tarek kopling diam. Lw d lpas kopling berisik. Kira kira ap pnyebabny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di jelaskan berisiknya di manana... Coba kampas koplingnya di cek.. Karena mungkin sdh tdk kencang

      Hapus
  7. mau tanya min, kan mesin saya abis oversize tp setelah oversize mesinnya cepet panas, trus klo udah over heat mesinnya langsung mati gitu, padahal cma lari 30km/jam, kira" apa yg harus saya lakukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba campuran oli sampingnya.. Karena untuk melumasi pembakaran dan agar nesin tdk panas... Di situlah fungsi oli samling 2 tak

      Hapus
  8. Vesva fx dah di ganti platina jadi cdi..mesinnya cepat panas kenapa ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mesin cepat panas tdk ada lengaruhnya sama platina / cdi.. Hanya saja pembakaran yg berlebih / kurang oli.. Coba untuk memperhatikan campuran keduanya

      Hapus
  9. Mau nanya nih min, ane punya super thn 79 dan karbunya udah di ganti ukuran 20.20, kendala motor ane itu kalo pas lepas kopling gigi 1 ngadat kayak nggak mau jalan gitu, tapi kalo udah jalan aman2 aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karbunya gk cocok.. Jadi kalau angggatan tenaga / pasokan dr karbu tdk sesuai dengan yg di butuhkan mesin.. Atau bensin telat masuk ke ruang pembakaran

      Hapus
  10. Saya baru turun mesin , setelahnya emang sempet baut bos boringnya aus , udh di ganti tp masih gampang ngejim, kira2 itu kenpa ya ?

    BalasHapus
  11. Vespa sy baru kolter tk pake jln kira2 100m ngejem.begitu trs sampek 40x.knp ya bos

    BalasHapus
  12. Mesin ane abis naik piston dr 6m ke 7m setting karbu blm dpt2..trus bbrp hari ini kaya overheat m bau sangit mesin nya apa karna kurang oli samping or kurang pas stelan karbu atau dr pengapian platina dll ya..bengkel bilang koil jg dh lemah..jd kira2 kemungkinan nya apa ya bro..mohon info

    BalasHapus
  13. Mau nanya bg vespa px cdi klo dh panas suka mati.Klo lgi jalan di gas mati

    BalasHapus
  14. Kalau vesla tiba2 mati saat di kendarai dengan kecepatan yg lumayan kencang dan mesin udah kondisi panas itu gimaanaa


    Dan waktu dingin bisah aih di nyalakan tp ngk bisa lamah tuh nyalanya kenapa yaaa... Ini vespa saya lagi troubel....

    BalasHapus
  15. Vespa saya cepat panas, baru jalan 500m aja udh panas kali, trus kalo udh panas dia ngejim itu penyebab nya apaa ya om

    BalasHapus
  16. Gini min vespa ku ini tenaga nya down sendiri disaat ku paksain nah poring ny juga panas banget padahal nempuh jarak gajauh dan dari kabulator nya keluar asap gitu min kalok masalah oli samping mungkin ada kurangnya juga sih mohon pencerahan ny min maklum baru pegng vespa

    BalasHapus
  17. Klo mesin diengkol halus
    Trus klo mesin dah nyala
    langsung kasar tek tek gitu apa penyebab nya om
    Dan solusinya gmn?

    BalasHapus
  18. Min mau nanya , kalo perjalanan jauh nih terus bahan bakar api semua bagus oli dll kenapa cepat panas min? Padahal semua aman , apalagi kalo tanjakkan dieng dan alas purwo

    BalasHapus
  19. vespa saya super 76 baru ganti ke cdi rxking pakai pulser luar blok diganti pakai excel L3 9m tapi jadi cepat panas dan head nya juga sudah dipapas kira"gmana ya solusinya

    BalasHapus
  20. Min mau nanya,vespa saya cepat panas,busi udah merah bata,olsam sudah dilebihkan takaranya
    Kira kira apa penyebabnya?

    BalasHapus
  21. Wah...ternyata mengatasinya seperti ini. Terima kasih untuk infonya.

    Promo payday

    BalasHapus

Touring Ke Dumai

Touring Ke Dumai - Pengertian travel adalah sebuah perjalanan dari satu tempat ke tempat lain dengan di dalamnya mengandung unsur strategi,...

Diberdayakan oleh Blogger.