Manfaat Buah Kasturi untuk Kesehatan

Manfaat Buah Kasturi untuk Kesehatan - Kasturi adalah tanaman tropis khas Kalimantan sehingga kebanyakan orang menyebutnya sebagai mangga Borneo.
Manfaat Buah Kasturi untuk Kesehatan
Manfaat Buah Kasturi untuk Kesehatan 

Pabrik kasturi, yang memiliki nama latin Mangifera casturi, pada awalnya bersifat aneh (hanya ada) di hutan sekitar Banjarmasin di Kalimantan. Namun, karena banyaknya kasus penggundulan hutan, tanaman ini mulai sulit ditemukan di hutan Kalimantan.

Baca juga: sunat pekanbaru

Hal ini menyebabkan tanaman ini masuk dalam daftar merah IUCN (International Union for the Conservation of Nature) yang telah punah di Wild. "Kepunahan di sini berarti bahwa tanaman ini tidak dapat ditemukan lagi di habitat aslinya dan hanya dapat ditemukan di perkebunan dan di daerah konversi.

Karakteristik tanaman buah Kasturi

Manfaat buah kasturi

Tinggi pohon mencapai 25 meter dengan batang berdiameter 40-110 cm
Warna kulit kayu putih keabu-abuan dan ada yang berwarna coklat muda
Bentuk daunya lanset dan runcing
Warna daun muda itu ungu
Buah kasturi terlihat seperti mangga pada umumnya, namun ukurannya kecil dan beratnya sekitar 50-84 gram. Buah kasturi memiliki 3 jenis buah yaitu:

Kasturi, jenis yang menghasilkan buah berbentuk oval yang bernoda hitam saat masih muda dan menjadi warna kehitaman saat sudah tua.

Kuba, sejenisnya mirip dengan kastil namun buahnya kemerahan dan tidak menjadi hitam saat sudah tua. Kulit buah lebih mudah dipisahkan dari daging oranye-kuning.

Pirit asam, sejenis kasturi yang memiliki buah hijau pucat dan bintik hitam, namun bila yang lama tetap hijau. Jenis casturi ini memiliki serat lebih banyak dan warna dagingnya berwarna oranye kekuningan.

Meski buahnya kecil, kasturi memiliki aroma harum dan gurih sehingga disukai oleh masyarakat, terutama masyarakat Kalimantan Selatan. Selain rasanya yang lezat, ternyata buah kasturi memiliki banyak manfaat sehingga beberapa diantaranya adalah:

1. Miliki nutrisi yang baik

Buah kasturi memiliki nutrisi yang baik dan bermanfaat. Nutrisi ini meliputi:

Sukrosa sebanyak 7, 93% - Sukrosa memberi rasa manis pada buah kasturi sehingga bisa dijadikan donor manis dalam makanan seperti kue.
Lemak rendah, karena hanya sekitar 0,44%
Protein mengandung sejumlah besar 1,20%
Manfaat vitamin A dalam jumlah tinggi adalah sekitar 6069,29 IU
Vitamin C sebanyak 81,40%
Kandungan air yang tinggi hingga 81,40%
Sejumlah kecil vitamin E dan mineral lainnya seperti besi
2. Kaya akan vitamin

Kandungan musk itu sendiri menguntungkan mangga, yang pada buah Kasturi-nya bagus untuk tubuh vitamin seperti vitamin C, A dan E. Manfaat vitamin itu baik untuk membantu menjaga kesehatan tubuh yang tidak mudah terpengaruh oleh penyakit. penyakit dan mencegah kita menderita kudapan C. Vitamin A baik untuk kesehatan mata.

Selain itu, vitamin C dan A merupakan sumber potasium untuk membantu menjaga tekanan darah, penyusutan otomatis dan menjaga agar proses organ tubuh tetap berfungsi dengan baik. Sedangkan vitamin E bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

3. Menjaga kesehatan kulit

Kasturi adalah buah yang baik dikonsumsi untuk kesehatan kulit karena kaya akan manfaat antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas akibat terkontaminasi udara. Selain itu, AHA (alpha hydroxyl acid) banyak ditemukan di kulit buah kasturi yang dapat membantu meremajakan kulit dan mempercepat pengelupasan kulit sel yang telah mati.

4. Pencegahan kanker

Buah Kasturi adalah sejenis mangga dan seperti jenis mangga lainnya, buah kasturi mengandung banyak komponen penting yang bisa mencegah kanker. Selain antioksidan, senyawa penting lainnya yang membantu mencegah fungsi kanker adalah asam gallic, astragalin, filsetin, kuertentin dan methylglate.

Top untuk kanker
5. Meningkatnya nafsu makan

Rasa pahit pada buah kasturi dihasilkan dari beberapa asam yang terkandung dalam asam sitrat pada khususnya. Komposisi asam dalam cetakan adalah dari 0,31% sampai 0,71%. Selain rasa asam, ada rasa manis yang saling menyatu. Kombinasi rasa yang merangsang nafsu makan semakin meningkat.

6. Asuransi untuk penderita hipertensi

Borgo Mango memiliki banyak mineral seperti mineral besi, potasium, magnesium, fosfor, potassium, tembaga, seng, mangan dan selenium. Meski banyak spesies, namun mineral ini masih dalam jumlah kurang dari kadar vitamin yang ada.

Begitu banyak manfaat yang bisa kita peroleh hanya dari buah-buahan. Karena itu mulailah beralih dari minuman kaleng dan mulailah gaya hidup sehat anda dengan memanfaatkan khasiat buah-buahan .

Tidak ada komentar

Touring Ke Dumai

Touring Ke Dumai - Pengertian travel adalah sebuah perjalanan dari satu tempat ke tempat lain dengan di dalamnya mengandung unsur strategi,...

Diberdayakan oleh Blogger.