Sejarah Pabrik Vespa Jadul Di Indonesia

Sejarah Pabrik Vespa Jadul Di Indonesia - Ngomongin soal Vespa memang nggak bakal ada habisnya deh Brosist. Skuter “kembung” yang satu ini memang luar biasa nilai sejarahnya, dan itu nggak Cuma di Negara asalnya, Tapi juga di berbagai Negara lain yang jadi target pasarnya.
Sejarah Pabrik Vespa Jadul Di Indonesia
Sejarah Pabrik Vespa Jadul Di Indonesia
Piaggio Vespa diimpor ke Indonesia pertama kali pada tahun 1965-an, atau sekitar 19 tahun sejak Vespa pertama kali diperkenalkan ke Dunia. Proses impornya dulu dilakoni oleh PT. Gunung Slamet (GS), The East Asiatic Company, dan beberapa nama lain, dengan mengandalkan 2 produk inti hingga memasuki era 70-an, yaitu Vespa Sprint & Vespa Super (Penerus Vespa 125 & 150).

Vespa merupakan jenis scooter yang diproduksi negara Italia dan Piaggio & Co SpA dari Pontedera (1864-1938) merupakan perusahaan yang menaunginya. Piaggio didirikan oleh Rinaldo Piaggio, di Italia pada tahun 1946. Pada mulanya perusahaan piaggio bergerak di bidang transportasi massal, seperti: kereta Api dan Pesawat terbang. 
pada masa awal perang dunia ke II, perusahaan piaggio adalah penyuplai/ pemasok utama pesawat tempur, namun saat pasukan sekutu melakukan pengeboman pada infrastruktur industri di Italia, PCMN (Piaggio Costruzione Meccaniche Nazionali) di pabrik-pabrik di Pontedera Finale Ligure, Genoa dan Pontedera mengalami kondisi hancur total.
Pada masa-masa perbaikan pasca Perang Dunia II, Perusahaan Piaggio yang mulai eksis kembali, yang pada saat itu perusahaan tersebut diteruskan oleh Enrico Piaggio, yaitu anak dari Rinaldo piaggio, namun perusahaan piaggio tersebut tidak lagi memproduksi kapal dan kereta api lagi, melainkan beralih ke alat transportasi yang harganya mudah dijangkau, yaitu Kendaraan roda dua jenis Scooter Vespa.
Sejarah Pabrik Vespa Jadul Di Indonesia
Sejarah Pabrik Vespa Jadul Di Indonesia
Penyebaran motor Vespa ke seluruh dunia dari tahun ke tahun cukup pesat, termasuk negara Indonesia di dalamnya, ini dikarenakan harga Vespa yang murah dibanding kendaraan lainnya pada saat itu, hingga pada akhirnya vespa mulai mempunyai penggemar fanatik sampai dengan sekarang. Hal ini semakin meningkatkan mutu perusahaan piaggio untuk terus memproduksi kendaraan jenis scooter agar lebih dinamis dan tak lekang oleh zaman.

9 Aliran Modifikasi Vespa Di Indonesia

Original

aliran ini diterapkan bagi mereka yang memang sengaja mempertahankan kondisi original vespa atau membangun kembali vespa mereka dengan spare-part dan accessories original sesuai dengan part number dan serial number part vespa pada zaman vespa itu dibuat. Jadi, bagi para penganut aliran ini pun tak segan-segan merogoh kocek dalam demi memburu part dan accessories untuk mengubah vespa mereka layaknya vespa yang keluar dari dealer pada zamannya. Kebanyakan vespa yang menganut aliran ini adalah antara tahun 1950-an sampai dengan tahun 1970-an. Aliran ini hampir bisaditemui di setiap negara, termasuk Indonesia. 

Retro klasik

Bagi kalangan dan penggemar vespa yang suka dengan tampilan dan gaya klasik, mereka banyak mengubah tampilan vespanya dengan mengaplikasikan beberapa part-accessories vespa yang mengacu pada zaman kejayaan vespa pada dekade tahun 1950 sampai dengan tahun 1980-an. aliran ini juga terdapat hampir di setiap negara, termasuk Indonesia.

Racing

Aliran ini muncul di Indonesia sekitar akhir tahun 90-an. Bagi yang senang bermain di torsi dan kecepatan, tentu aliran ini menjadi pilihan yang tak bisa terelakkan, ditambah akhir-akhir ini banyak sekali acara balapan vespa di berbagai sirkuit di pulau Jawa, yang mendukung vespa racing agar tetap eksis. 

Custom

Aliran ini kebanyakan mengubah tampilan vespa mereka secara menyeluruh, bahkan dari mereka ada yang menghilangkan wujud asli vespa, namun masih ada juga yang tetap mempertahankan struktur rangka aslinya. Mereka biasanya melakukan perombakan di beberapa sektor bodi, seperti: konstruksi kaki-kaki dan juga sampai merambah ke mesin. 

Chooper

penganut aliran ini sudah sama sekali menghilangkan bentuk asli vespa dengan mengganti chassis sesuai dengan selera dan mereka mengubah konstruksi kaki, bodi dan part lainnya. Yang tersisa dari vespa hanyalah mesinnya saja. Pengadopsi model ini banyak sekali dijumpai di Indonesia. 

Army

Aliran ini terbesar mayoritasnya ada di Indonesia. Mereka biasanya mengubah tampilan vespa mereka dengan cat hijau dop, coklat gurun, dan menambah kan beberapa accessories perlengakan perang seperti kotak peluru, peluru renteng yang sdh tidak aktif, selongsong peluru, bahkan sampai tabung meriam pun kadang menghiasi vespa mereka. Memang vespa pernah mengeluarkan vespa ACMA (arteleri construction military at accessories) yang digunakan sebagai pengangkut peluru dan beberapa bazooka pada era perang 1950 antara italia dengan jerman.

Rosok/ Gembel

Penganut aliran ini bisa disebut dengan aliran extreme, mereka memodifikasi kendaraannya dengan memanjangkan bodi hingga beberapa meter, terkadang juga masih menggunakan vespa bentuk standaran kumuh yang ditambah dengan kereta pinggir (sespan) dengan warna yang kusam dan suara yang cukup bising di telinga, mereka pun siap bertarung dengan jarak dan waktu bersama vespa mereka menempuh perjalanan yang panjang, namun beberapa tahun ke belakang, aliran ini ada juga yang memodifikasi vespa mereka dengan accessories, seperti: sampah, botol bekas dan panci dan lainnya.

Mods

Inilah aliran yang paling banyak dianut oleh mayoritas penggemar vespa di dunia. Aliran ini berawal dari negeri Britania Raya. Penganut aliran ini mengaplikasikan accessories yang berlebih di vespa mereka, dengan penambahan front-rack, spion dalam jumlah yang banyak, lampu-lampu depan crash-bar dan part aftermarket. Penganut aliran ini juga menambahkan accessories pada tubuh seperti jaket parka, sepatu docmart, dan T-Shirt brand Fred Perry.

Mods Revival-80's

Penganut aliran ini melakukan variasi dan restorasi pada skuternya dengan mengikuti perkembangan Vespa yang sejalan dengan trend di dunia fashion dan musik. Sesuai dengan namanya, aliran modifikasi yang mereka ambil berasal dari tahun 1980-an. dimana saat itu industri dunia otomotif termasuk Aksesories motor vespa mulai booming dengan produk plastik, menggantikan era sebelumnya yang hampir semuanya berbahan besi. Penambahan aksesoris pada tubuh mereka pun sangat timpang dengan aliran tahun 70's, aliran ini banyak menggunakan helm fullface, jaket bomber, sepatu nuansa 80's seperti brand adidas.

Tidak ada komentar

Touring Ke Dumai

Touring Ke Dumai - Pengertian travel adalah sebuah perjalanan dari satu tempat ke tempat lain dengan di dalamnya mengandung unsur strategi,...

Diberdayakan oleh Blogger.