Sejarah Vespa Sprint Legend

Sejarah Vespa Sprint Legend - Vespa Sprint dibuat oleh Vespa dari tahun 1965 – 1979.  Datang dalam dua versi.  Yang pertama kali keluar dinamai Vespa Sprint, dibuat hingga tahun 1974.  Model selanjutnya dinamakan Vespa Sprint Veloce, dibuat tahun 1969 hingga 1979, jadi keduanya pernah keluar bersamaan dari tahun 1969 hingga 1974.Update terbesar Sprint Veloce adalah pada mesinnya.
Sejarah Vespa Sprint Legend
Sejarah Vespa Sprint Legend
Desainnya diubah dari desain lamanya yang 2 port dengan tambahan transfer port ketiga pada puncak akhirnya.  Rasio kompresi juga ditingkatkan dari Vespa Sprint yang 7.5:1 menjadi  7. 7 : 1 pada Vespa Sprint Veloce.   Model yang asli tidak mempunyai lampu reting / signal namun Sprint Veloce akhirnya berhasil diekspor semua ke U.S setelah tahun 1973 mempunyai lampu reting sebagai perlengkapan standar untuk memuaskan peraturan Amerika. Bajaj Chetak, diproduksi oleh India, merupakan duplikat Vespa Sprint.  Karenanya, hingga sekarang setiap bagian suku cadangnya masih bisa didapatkan dalam kondisi baru di pasar bekas. Hampir setiap sudut penampilan Vespa 150 Sprint diperbesar dari vespa umumnya keluaran dekade 1960an (VNA / VNB / VBB / VBC) dengan spesifikasi lebih lebar pada ban (3.50X10”), box di kiri kanan serta spakbor lebih besar dibandingkan vespa kelas super; kapasitas 145.45 cc; 2-tak; Silinder tunggal; Pendingin udara; 4-kecepatan; Pengapian koil; Rem depan dan belakang tromol; Jarak roda 1200 mm; Berat kering 89 kg; Kapasitas tanki 7.7 liter (cadangan 1.4 liter); Konsumsi BBM 2.1km/100km (apx); dan Radius belok 1400 mm.Vespa sprint mempunyai penampilan awal yang hampir menyerupai Vespa Grand Lux dan beberapa pendapat mengatakan bahwa vespa sprint merupakanspec-drop dari Vespa GL. kerangka body vespa 150 sprint sam dengan produk dengan untuk vespa GL, Namun dengan warna sentuhan warna baru yakni silver metalik. Disayap (fender) bagian kanan tersemat kata vespa Sprint tersusun miring dua baris dengan stlyle italic handwritting terbuat dari sejenis campuran alumunium yang berefek kebiru biruan. Begitu pula dengan halnya kata dibagian belakang, tertulis 150 sprint terusun miring satu baris yang berbahan serta material sama seperti bagian depan dan terleatak agak diatas lampu bagian belakang.

Terdapat striping lurus terbuat dari alumunium pada bagian spakbor depan, box bagasi dan box mesin yang sejajar di kiri kanannya. Dengan kunci stang berbentuk oval, Vespa 150 Sprint menggunakan 2 jenis jok sesuai dengan permintaan yaitu model jok (sadle) ganda (pengendara dan penumpang) berwarna biru tua dan jok panjang (single-seater).
Bagian yg berlapis krum adalah baut gagang rem depan dan gagang kopling, klakson, rumah lampu belakang, ring lampu depan, kunci stang, tutup kunci stang dan kunci tutup box bagasi. Lapisan berwarna seng terdapat pada bagian-bagian seperti standar, shock bagian depan, seluruh baut dan mur serta tutup bak kopling.

Bagian yg beraksen posfor meliputi shock bagian belakang termasuk per, baut dan murnya, serta per bagian depan. Sentuhan metal halus terdapat pada bagian gagang rem depan dan kopling, pedal rem belakang, gantungan barang, kuku macan, jengger depan, selahan, kunci (pengkait) box mesin, gagang kran bensin, dan lis sayap depan. Bagian yg bernuansa stainless adalah rumah saklar dan lis karpet tengah yang terbuat dari karet.

Setang (handlebar) model kotak seperti GL dan Super serta speedometer oval, adapun nomor serial body Vespa 150 Sprint terukir dibagian kiri dibawah box bagasi dengan kode VLB1T 1001-VLB1T 1205477 dan nomor mesin di bagian paha ayam mesin dekat pipa saluran knalpot diawali dengan kode VLB1M. Bagian-bagian lain yg memiliki warna berkesan alumunium meliputi velg, tromol depan dan belakang, tutup kipas, fork depan. Sementara itu warna lapisan anti karatnya adalah abu-abu.

Vespa sprint yang di produksi oleh perusahaan motor Italy Piaggio pada  tahun 1965-1976 ada 2 jenis vespa sprint, yaitu Vespa Sprint dan Vespa Sprint Veloce kedua scooter ini bermesin 2 tak dengan kapasitas 150cc.

Vespa sprint memiliki spesifikasi yang berbeda dari body hingga mesinnya. Model yang pertama adalah Vespa Sprint yang diproduksi pada tahun 1965-1974 sedangkan Vespa Sprint Veloce dengan model kedua pada tahun 1969-1976. Berikut spesifikasi Vespa Sprint ini.

Tubuh Vespa ini sekilas sama dengan Vespa 150 Super yang diproduksi antara tahun 1965-1979 dengan kode frame VBC1T. Vespa Sprint generasi awal ini memiliki kode rangka bodi yang sama dengan Vespa Sprint Veloce yaitu VLB1T, bentuk kedua tebeng sampinya sudah ramping dan bentuk lampu depan semi kotak. Berikut spesifikasi mesin dan bodi dari Vespa yang satu ini :

Rasio gigi : 

Baca juga : Rental Mobil Pekanbaru
  1. Gigi 1 : 14,46 : 1
  2. Gigi 2 : 10.28 : 1
  3. Gigi 3 : 7.36 : 1
  4. Gigi 4 : 5.36 : 1


  • mesin : 2-stroke silinder tunggal, berpendingin udara
  • induksi : Disc Valve
  • barrel : 2 transfer port
  • bore : 57 mm
  • kapasits mesin : 145.5 cc
  • stroke : 57 mm
  • rasio kompresi : 7,5 : 1
  • daya maksimal (Bhp pada Rpm) : 7.1 hp @ 5000 Rpm
  • drive utama : 22 clutch - poros input 67
  • tranmisi : 4 kecepatan jalan konstan
  • pelumasan : 2% (USA autolube)
  • tipe kopling : multiplate basah
  • main jet : 102
  • karburatuor : Dell'Orto SI 20 / 17 D
  • diffuser : E1
  • slow runing jet : 42
  • main ir bleed : 140
  • throotle valve : No 0
  • starter jet : 60
  • pengapian : kontak pemutus & koil
  • waktu pengapian : 22 deg. BTDC
  • breaker gap : 0,3-0,5 mm
  • tegangan : 6 volt
  • max output stator : 6V-50W
  • kecepatan maksimal : 62 mil/jam
  • ukuran velg roda : 10 inchi
  • ukuran ban : 3.50 x 10


Lapisan krum terdapat pada bagian-bagian yang antara lain ring lampu depan, tutup kunci stang dan kunci box bagasi. Lapisan beraksen seng terdapat pada bagian standar, shockbreaker dan per bagian depan, baut dan mur, dan tutup bak presneleng. Aksen phosfor menghiasi shock bagian belakang (termasuk per, baut dan mur), per standar dan mur baut bagian mesin. Kesan warna metal halus terdapat pada gagang rem depan dan kopling, pedal rem belakang, gantungan barang, jengger spakbor, selahan, kunci box mesin, kuku macan dan puteran kunci tangki. Sementara itu lapisanstainless terkesan pada rumah saklar dan lis karpet karet tengah.
Adapun nomor serial body Vespa 150 Sprint Veloce terukir dibagian kiri dibawah box bagasi dengan kode VLB1T 0150001-VLB1T 0368119. Pada perkembangannya seiring dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada beberapa bagian sebagaimana tersebut diatas, nomor serial body pindah posisi ke sebelah kanan box mesin sama seperti produk-produk piaggio era 1980’an.
Namun demikian nomor mesin tetap berada di bagian paha ayam mesin dekat pipa saluran knalpot. Bagian lain yg memiliki warna alumunium adalah velg, tromol, tutup kipas, fork depan, dan warna lapisan anti karatnya adalah abu-abu.
Seiring dengan warna-warninya kehidupan generasi 1970’an yang dikenal dengan flower generation, Piaggio menangkap semangat ini melalui pengaplikasian warna-warna cerah dalam produk Vespa 150 Sprint Veloce. Apabila pada Vespa 150 Sprint hanya tersedia satu warna saja (silver metalik), tidak demikian halnya dengan Vespa 150 Sprint Veloce.
Veloce dari tahun ke tahun memiliki option warna yang berbeda-beda antara lain sebagai berikut: 1969-1970 warna silver metalik, 1970-1971 biru, 1971-1972 metalik putih rembulan, 1972-1973 merah, 1973-1975 hijau ascott, 1975-1976 hijau valombrossa, 1976-1979 biru marine dan abu-abu polaris.

Tidak ada komentar

Touring Ke Dumai

Touring Ke Dumai - Pengertian travel adalah sebuah perjalanan dari satu tempat ke tempat lain dengan di dalamnya mengandung unsur strategi,...

Diberdayakan oleh Blogger.