Trouble Pada Mesin Vespa

Trouble Pada Mesin Vespa - Scooter vespa merupakan motor jadul yang saat ini banyak di gemari anak muda karena bentuknya yang unik di banding motor lainnya. Vespa memang kendaraan tua, tetapi bagi penggemar vespa, motor ni bukan hanya sekedar motor jadul saja, tetapi memiliki nilai artistik yang sangat kentara di banding dengan motor-motor yang lain.
Trouble Pada Mesin Vespa
Trouble Pada Mesin Vespa
Walaupun sekarang banyak vespa modern yang di rilis kembali, namun motor vespa dengan model klasik masih tetap diminati banyak orang sebab lebih memiliki nilai sejarah yang kental. Kini juga banyak bermunculkan club-club motor vespa yang mementingkan solidaritas di jalan, sehingga membuat pandangan terhadap grup vespa makin positif.
Masalah tiap motor pastinya punya masalah, yang sering dihadapi pengguna motor vespa adalah ketika vespa mogok, mungkin di bawah ini dapat meringankan masalah tentang penyebab motor vespa mogok.

Mesin Motor Vespa Tidak Dapat Dihidupkan

Bagi pengendara motor vespa langkah pertama adalah memeriksa sistem penyaluran bahan bakar dan sistem pengapian pada mesin motor.

Berikut sedikit tips cara mengatasi mesin motor yang mogok


  1. Tutuplah kran bensin, buka gas lebar2 da injak kick starter berulang-ulang sampai mesin hidup (dalam hal ini busi dalam keadaan terpasang).
  2. Bila kick starter teras berat hal ini menunjukan bahwa sudah banyak bensin masuk kedalam ruang bakar bahkan karter. Penanggulangan nya sama seperti diatas namun busi dalam keadaan tidak terpasang jika bensin diperkirakan sudah terbuang maka pasang kembali busi dan selah sampai hidup.
  3. Jika diduga spuyer kotor maka bersihkan dengan bensin atau minyak tanah.
  4. Jika saluran karburator kotor maka bongkar karburator dan bersihkan.
  5. Gejala yang terlihat bila kran bensin kotor adalah sedikit atau tidak ada bensin yang keluar ke karburator, untuk membersihkannya kran bensin harus dilepas dari tangki.

Sebenarnya konsep pada tulisan ini sudah banyak yang tau dan banyak yang mencoba, tapi tidak ada salahnya kita bahas lagi barangkali masih ada yang memerlukan dan untuk mencobanya. Sekarang yang kita bahas adalah mengenai kopling, karena banyak pertanyaan seputaran kopling ini,  seperti kopling sering putus, berat, los dan lain-lain. Untuk mengatasi kopling berat ini hanya sedikit tambahan saja dan tidak memerlukan biaya, asal pesyaratan utama sudah terpenuhi seperti : Kampas Kopling, Kabel Kopling Luar dan Tali Kopling semuanya normal & bagus. Selain itu sebelum memasang kabel kopling sebaiknya kabel tersebut diguling kecil dan masukkan ke dalam rendaman olie dan tunggu beberapa saat. Bisa juga mengganti kabel kopling dengan kabel perseneling agar lebih kecil sehingga tidak seret.
Dengan menambah potongan rante bekas pada pelatuk kopling juga menyebabkan tarikan kopling lebih enteng.
Caranya :

  1. Potong rante motor bekas (bisa minta ke bengkel motor jepang)
  2. Potongan kabel kopling luar sepanjang 5 cm Supaya pengerjaannya lebih mudah, sebaiknya buka tutup bak kopling, kemudian keling/baut yang kuat potongan rante pada pelatuk kopling, lihat gambar berikut ini.

Gambar Tampak Samping
Dengan menambah panjang pelatuk kopling (Rante) kurang lebih 2cm menyebabkan gaya tarik lebih ringan dibanding sebelumnya, sedangkan penambahan kabel kopling luar sepanjang 5cm adalah untuk memudahkan dalam pemasangan.

Sebagian orang melihat skuter Vespa, tidak lebih dari sekadar kendaraan alternatif yang memiliki bentuk unik. Tetapi, bagi para pencinta Vespa di Indonesia, tak semata-mata soal bentuknya saja. Sebab, banyak dari mereka yang mengaku menjadikan Vespa sebagai bagian dari hidupnya.

Meski banyak edisi terbaru dari Vespa, model klasiknya masih tetap melekat di 'hati' para penggemarnya. Hal yang paling menonjol dan kerap dipertontonkan mereka, yakni solidaritas yang tinggi di jalan. Kerap menyapa dan saling menolong jika ada salah satu motor Vespa yang mogok.

Bicara Vespa klasik, ada masalah yang kerap menghantui bagi para pemiliknya. Lantaran masuk dalam motor tua, performanya sudah tak maksimal. Tak heran, jika motor ini akrab dengan mogok. Terlebih, jika si empunya tak cekatan melakukan perawatan.

Karburator

Seperti pada motor umumnya, motor yang menggunakan sistem karburator terkadang ada beberapa komponen yang harus sering dicek dan dibersihkan, yakni pada jarum (Main Z dan Slow Z) dan pada bagian lain yang ada di bagian karburator.

Tujuannya, agar pemberian masukan hasil campuran bahan bakar dari karburator ke ruang bakar lancar, sehingga laju motor tidak tersendat-sendat atau 'brebet'.

Kabel persneling

Para pemilik Vespa klasik tentunya sering mengalami masalah ini. Salah satu indikasi kabel persneling bermasalah ialah terasa keras, atau susah pada saat melakukan oper gigi, tak jarang pula sering selip. Jika terjadi seperti itu, berarti kabel persneling yang mengalami masalah, cek kabelnya. Biasanya, kabel sering longgar dan harus segera diatasi dengan cara menyetelnya.

Busi

Busi kerap menjadi pemicu motor menjadi mogok. Pada motor dua-tak seperti Vespa (klasik), busi harus rajin-rajin diperhatikan. Sebab, busi pada Vespa bisa cepat mati, atau berkerak. Sehingga, busi harus sering diganti, jika hanya berkerak.

Masalah pengapian

Ada kalanya, busi Vespa menjadi mudah mati, karena masalah pengapian yang tidak maksimal. Untuk memperbaiki masalah tersebut, sebaiknya cek dulu koil, kondensor, dan platina. Biasanya, koil jarang rusak jika menggunakan yang asli. Jadi, jika Anda menggunakan versi bajakan, bisa jadi ini merupakan pangkal masalahnya. Jika tidak, mungkin masalah terletak pada kondensornya yang rusak.

Untuk mendeteksinya, biasanya kondensor yang rusak bakal menyebabkan mesin jadi tersendat-sendat. Jika kondisi kondensor baik-baik saja, mungkin masalahnya terletak pada platina.

Jarak ideal platina adalah 0,5 milimeter. Jika jaraknya terlalu dekat, bisa menyebabkan mesin Vespa terbatuk-batuk. Sementara itu, jika terlalu jauh, percikan api tidak bisa berjalan dengan maksimal.

tidak jarang bernoda atau spuyer tersendat Dalam masalah ini berdampak cepat bersama laju motor, motor dalam melaju tersendat- sendat atau motor malah susah utk hidup terkadang serta busi tidak jarang mati tampak dari ujung busi isolatornya berwarna hitam kelang yg mengakiobatkan hilang nya percikan api di busi Penyelesaiannya :


  • Bersihkan tangki bahan bakar dari kotoran & karat.
  • Mengecek selang bensin dari kerak bahan bakar.
  • Bersihkan karburator memakai kompresor angin perikasa kembali lubang- lubang spuyer janganlah hingga ada kotoran yg tertinggal, ketelitian di tuntut dalam elemen ini.
  • Memeriksa ukuran lobang spuyer telah serasi belum janganlah hingga kebesaran atau kekecilan. Kalau kebesaran motor dapat boros bahan bakar & pun busi tidak jarang mati. Ukuran ubang spuyer berpatokan kepada ukuran standar pabrik.
  • Setingan atau penyetelan jarum ideal mesti cocok menurut pengalaman aku caranya denmgan menyetel stasioner karbu kepada stelan paling atas, dulu putar jarum ideal memakai obeng kekanan stelah berakhir putaran jarum kendorkan kembali ke kiri perlahan-lahan hingga terdengar nada mesin di putaran ter tinggi.


Permasalahan dalam pengpian pun bakal berdampak segera terhadap laju motor atau motor tak mampu hidup, sulit starter motor rata-rata rintangan pengapian berada kepada stelan platina yg tak benar, dapat juga salah satu piranti pengapian sperti Busi, Koil, Platina, Kondensor, Spul pengapian ada yg telah tak patut gunakan atau mati.

Penyelasaiannya :

Langkah perdana mengecek warna ujung busi, jika berwarna hitam kelang busi tak dapat memercikan api solusinya stel ulang ukuran spuyer pilot jet dekameter main-main jet, beila warna ujung busi merah bata sehingga pariksa ke bidang yg pengapian yg yang lain.

Koil yg pantas gunakan jikalau kita konsletkan kabel busi dgn jarak ke massa mesin sekitar 8 mili meter tetap berjalan loncatan api berwarna biru, apabila tida berwarana biru di sini percikan atau laoncatan api berwarna merah ini berarti stelan platina tak benar atau si koilnya yg benar-benar telah lemah, loncatan api dari koil dipengaruhi segera oleh stelan platina,

Penyetelan platina yg benar yaitu berjarak kerenggangan antara konektor minus & konektor plus nya kira-kira 0,5mm. bersama memanfaatkan obeng min, butuh di ingat penyetelannya janganlah di ketok karna elemen dapat mepersingkat usia gunakan platina karna entara konektor tak lurus atau bengkok. Loncatan yg berjalan kepada platina serta mengenai dgn keadaan kondensator.

Sensor kondensator sangat lah gampang apa jika berjalan lancatan api di platina ini di karenakan kondensator kamu telah tak patut gunakan, edit kondensor kamu atau ada trik lain merupakan cangkok kondensor dgn kondensor yang lain atau system kondensatornya di double bersama ukuran kapasitas kondensor yg sama 2 farad.

Yg terakhir yaitu teliti spul pengapian kamu masih pantas gunakan atau mesti di gani degngan yg baru, tanda spul pengapian rusak, rata-rata kumparan spul lecet, gulungan spul kendor, spul putus.

Jikalau semuanya stabil sehingga kamu wajib periksa nap puur atau ketepatan pengapian namun diawal mulanya perhatikan lalu keadaan spi daya tarik patah atau tak pun perhatikan keadaan rotor masihlah keren atau telah tak, ukuran nap puur yaitu 21 drajat sebelum titik mati poros atau keadaan pala seher di atas.

Ini ialah sebuah trable mesin yg lebih fatal rata rata elemen ini berlangsung di kerenakan lakher atau BEARING ada yg rusak, stang sekher atau CONECTINGROOD rusak, ring sekher patah, sekher atau PISTON tak pantas gunakan, piranti di gear bok ada yg patah, PER GIGI PRIMER rontok, PLAT KOPLING yg telah tak pantas gunakan. GIGI STATER ompong atau rontok.

Proses penyelesainnya mesti turun mesin & kita mesti bongkar seluruh piranti mesin supaya lebih gampang pengecekan nya. Jikalau dalam pengecekan piranti nyatanya ada yg rusak lebih baiknya kita ubah bersama yg baru, utk menjaga hal-hal yg tak di inginkan yg kemungkinan kelak berjalan di dalam kita mengoprasikan kendaraan kita dijalan.

Dalam keadaan ini di luar dari kepada mesin kecuali piranti penunjang & stabizer getaran atau karet mesin, masalah ini tentang kenyamannan kita dalam berkandara karna seluruh ini dapat berdampak cepat dalam SAFETY REEDING keselamatan kita terancam apabila factor ini di biarkan.

Adapun panenggulangnganya yang merupakan berikut :


  • Teliti keadaan kelayakan ban & pelek, apabila ban tidak memiliki rambut mesti mengganti keadaan pelek pula mesti stabil janganlah ada speleng atau goyang.
  • Teliti keadaan as ayun masihlah pantas gunakan atau tak, rata-rata dalam keadaan ini pala babi depan bakal goyang apa bilia as ayun rusak, seluruh itu berdampak serta-merta terhadap system kendali kendaraan kamu.
  • Teliti lassan bodi kepada titik tumpu seperti, DEK MOTOR, TULANG BUAYA, LUBANG AS MESIN, TUMPUAN SOK BLAKANG, DLL. Kalau berlangsung keropokan kepada bodi janganlah biarkan aspek itu berlarut karna bakal berakibat kerusakan bodi yg lebih fatal bahkan sempat berlangsung notaor tiba tiba patah.
  • Teliti keadaan STABIZER GETARAN atau karet-karet mesin & shokbreker serta MOUNTING sok blakang, jika nampak telah usang atau rusak mesti cepat-cepat di ubah.
  • Teliti SOKBREAKER, apa apabila sok breker telah lemah baik pernya atau sok wajib buat kita ubah, janganlah lupa keadaan mur roda baik depan ataupun belakang dalam keadaan kencang & terkunci paku pengunci.

Tidak ada komentar

Touring Ke Dumai

Touring Ke Dumai - Pengertian travel adalah sebuah perjalanan dari satu tempat ke tempat lain dengan di dalamnya mengandung unsur strategi,...

Diberdayakan oleh Blogger.