Cara Merawat Body Vespa Kinclong

Cara Merawat Body Vespa Kinclong - Karakteristik bodi Vespa berbeda dengan sepeda motor lain yang ada di pasar. Kalau merek asal Italia itu menggunakan plat baja, mirip seperti mobil, produk Jepang biasanya memilih plastik, namun justru perbedaan ini yang membuat Vespa lebih istimewa.
Vespa Kinclong
Vespa Kinclong
Perawatan bodi Vespa ternyata berbeda dengan sepeda motor lain. Koh Kim pemilik toko Trend Tik motor yang berlokasi di Jalan Otista Raya Nomor 52, Kampung Melayu, Jakarta Timur mengatakan, penampilan Vespa akan semakin nikmat dilihat kalau dari ujung kepala sampai buritan terlihat mengilap.

Membuat Vespa klasik atau lansiran terbaru supaya terlihat bagus adalah persoalan mudah, tidak perlu banyak aksesori, tapi buat saja kondisi bodinya selalu mulus dan jauh dari bercak-bercak karat, terutama di beberapa bagian yang berlapis krom, ujar Kim.

Kim mengatakan, salah satu cara untuk mengindari karat pada bodi adalah dengan membeli selubung motor (cover body). Jadi, saat sepeda motor tidak digunakan bisa ditutup, sehingga terjaga dari suhu dan debu menempel yang bisa menyebabkan timbul bercak karat.

Kedua, biasakan selalu membilas Vespa setelah terkena hujan di jalan dengan air bersih. Air hujan terbentuk lewat proses kimia yang panjang, dalam perjalanannya air ini berpotensi mengandung zat-zat tertentu yang bisa membuat besi jadi mudah berkarat.

JIka memang bercak karat sudah muncul dan belum menyerap hingga ke dalam bagian krom, baiknya langsung bersihkan dengan sikat gigi dan sabun, agar bercak itu tidak semakin menggerogoti, ujar Kim.

Terakhir, untuk menjaga bagian berlapis krom agar terjaga dari karat, bisa memanfaatkan bedak untuk melapisinya.

Merawat Body

Saya berjualan part-part Vespa, kalau barang tersebut belum laku, ya saya rawat agar tidak berkarat. Maka dari itu saya cukup mengerti bagaimana kunci merawat bodi kendaraan ini, karena kalau tidak, bisa rugi besar karena banyak barang yang rusak karena karat, ujar Kim.

Vespa yang sudah dipakai harian di jalan selama 3 tahun lebih pasti cat nya bulek, kusam dan tidak mengkilap apalagi kalo males ngerawat. Sebab pengaruh perubahan cuaca ditambah lagi sering terguyur hujan dan terjemur terik matahari. cat pun jadi berjamur, kusam dan kurang menarik untuk dilihat.

Jangan dibiarkan apalagi langsung dikerok terus ditimpa cat baru. Cat masih punya potensi mengkilap lagi asal lapisan pernisnya masih ada. Nah sebelum dikerjai mesti ketahui ketebalan pernis karena menyangkut perbedaan bahan dan alat. Cat yang pernisnya masih tebal siapkan kain lap, ampas halus ukuran 1500, kompon putih dan pengkilap cat yang mengandung silikon, tapi kalo pernis sudah tipis gunakan zat kimia yg namanya HF (cari di toko2 yg menjual bahan kimia).
Oke langsung dikerjain deh, mulai cat berpernis tebal, cuci dulu motor dan keringkan, kemudian raba seluruh bodi motor kalo ada bahan yg kasar kudu dihaluskan dgn menggunakan amplas dan gosok pelan-pelan.

Setelah halus lulurkan kompon putih ke seluruh bagian yg mau dikilapkan, jangan tunggu kering langsung gosok dengan lap bersih, lap sedikit ditekan dengan cara memutar biar kotoran membandel ikut terangkat Permukaan mulai kinclong, untuk melindungi cat dan menjaga motor terus mengkilat oleskan silikon dan tunggu 5 menit sampai kering bersihkan lagi dengan lap kering.

Itu berbagai langkah sederhana dari saya dalam cara memelihara vespa tua yang mudah-mudahan berguna untuk anda. Mungkin Sampai disini artikel mengenai cara mudah merawat Vespa tua dan menjaga performa agar tetap mulus, semoga bisa menambah referensi.

Tidak ada komentar

Touring Ke Dumai

Touring Ke Dumai - Pengertian travel adalah sebuah perjalanan dari satu tempat ke tempat lain dengan di dalamnya mengandung unsur strategi,...

Diberdayakan oleh Blogger.